peristiwa besar di bulan rajab

Jumat 3 Februari 2023 Pak Miswan

Bulan Rajab termasuk dalam salah satu bulan Haram yang disinggung dalam salah satu sabda Rasulullah SAW. Dikisahkan dari Abu Barkah RA, Rasulullah SAW bersabda,

الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

Berdasarkan catatan sejarah Islam, ada peristiwa-peristiwa penting yang berkaitan dengan sejarah hidup Rasulullah SAW dan dakwah beliau pada bulan Rajab ini. Mulai dari Isra’ Mi’raj hingga berakhirnya sistem khilafah.

  • Sayidah aminah mengandung nabi Muhamad
  • terjadi perang tabuk dibulan rajab diikuti 30 ribu umat islam, awal perintah sholat jamak terjadi di musim panas

Salah satu perang terbesar dalam sejarah hidup Nabi Muhammad SAW ini juga terjadi pada bulan Rajab tahun ke-9 setelah hijrah. Rasulullah SAW baru kembali ke Madinah pada 26 Ramadan, usai perang yang terjadi sekitar satu bulan.

Perang ini berbeda dengan peristiwa yang pernah terjadi sebelumnya lantaran Rasulullah SAW menampakkan seluruh rencana perang. Padahal biasanya Rasulullah SAW menggunakan kode atau sandi yang tidak mudah diketahui musuh.

Untuk perang ini, Rasulullah SAW mengerahkan 30 ribu pasukan saat musim panas sehingga terasa sangat sulit bagi pasukan muslim. Pasukan ini kemudian disebut dengan jaisyul usrrah akibat kesulitan tersebut.

  • Penaklukan baitul maqdish di palestina oleh salahudin al ayubi pada 28 rajab
  • wafatnya imam syafii
  • Peristiwa isra miraj nabi besar Muhammad saw

About Miswan M.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *